Skip to main content

Search This Blog

Fitur Android Yang Jarang Di Pakai Pengguna

Android merupakan smartphone yang banyak di pakai orang. Karena android memiliki banyak fitur di bandingan smartphone OS lainnya . Karena Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache.

Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat.

Selain sebagai ciri khas yang membedakannya dari merek lain, adanya fitur yang bermcam-macam ini tentu juga akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi Anda. Dengan banyaknya jumlah fungsi dan fitur yang dijejalkan, wajar bila ada banyak fungsi dan fitur yang luput dari perhatian Anda. Agar tidak kelewatan, sepuluh fitur berikut ini sangatlah penting untuk Anda ketahui.


Fitur Fitur Android Yang Jarang Di Gunakan

1. Memeriksa layanan yang berjalan dan menghentikannya

Agar dapat melihat layanan yang sedang berjalan (running services), pastikan opsi pengembang perangkat Android Anda telah diaktifkan terlebih dulu. Caranya cukup dengan mengetuk nomor bentukan (build number) perangkat yang berada di menu tentang perangkat (about device) sebanyak tujuh kali. Sesudah aktif, silakan masuk opsi pengembang dan lanjutkan dengan memilih running services. Pilih layanan yang ingin Anda hentikan dengan mengetuk tombol Stop.

2. Batasi Proses yang berjalan di latar belakang

Sama seperti langkah pertama, opsi pengembang perangkat harus Anda aktifkan terlebih dulu. Pada opsi pengembang silakan Anda pilih background process limit untuk membatasi proses yang berjalan di latar belakang. Anda dapat mengatur jumlah prosesnya mulai dari standar, nol hingga empat proses.

3. Memprioritaskan Wi-Fi untuk akses internet

Jika Anda menginginkan supaya akses data perangkat diprioritaskan melewati jaringan Wi-Fi, maka Anda tinggal masuk ke opsi pengembang. Selanjutnya geser tombol Agressive Wi-Fi to Cellular Handover ke arah kanan untuk mengaktifkan. Saat aktif, perangkat akan secara default menggunakan koneksi Wi-Fi meski sinyal yang berhasil ditangkap dalam posisi lemah bila dibandingkan sinyal data milik operator. Dengan mengaktifkan pengaturan ini, Anda dapat lebih menghemat tagihan penggunaan data dari operator.

4. Mempercepat akses data

Bila Anda lebih mengutamakan kecepatan akses data, maka Anda dapat mengatur agar perangkat Anda memilih secara otomatis. Masih dari opsi pengembang, silakan geser Cellular data always active ke posisi kanan. Dalam posisi aktif, perangkat akan secara otomatis memilihkan koneksi data yang tercepat saat akan mengakses internet. Jika jaringan Wi-Fi Anda lebih cepat, maka seluruh akses data akan dilakukan melalui Wi-Fi. Namun bila jaringan Wi-Fi yang terhubung ke perangkat tergolong lambat, perangkat Anda akan secara otomatis beralih ke jaringan data operator yang tentu saja akan menyedot kuota langganan data Anda.

5. Tentukan konfigurasi USB

Saat Anda menghubungkan perangkat Android ke PC, biasanya Anda akan diminta untuk memilih jenis konfigurasi USB yang Anda inginkan. Jika Anda hanya ingin mengisi daya ponsel, maka Anda tinggal pilih charging. Sementara bila Anda ingin memilih transfer data maka Anda dapat memilih MTP. Jika pilihan ini tidak muncul ketika Anda menghubungkan kabel data Anda, maka Anda dapat melakukannya melalui menu select USB configuration yang terdapat pada opsi pengembang perangkat.

6. Menonaktifkan Aplikasi

Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang ada pada perangkat Android dengan cara yang lebih mudah cukup dari dalam menu inactive app yang berada di dalam opsi pengembang. Aplikasi yang telah dinonaktifkan tidak akan berjalan di latar belakang sehingga tidak akan memakan memori RAM perangkat. Jika suatu saat Anda membutuhkan kembali aplikasi tersebut, maka Anda tidak perlu mengunduh lagi dari Play Store sehingga dapat menghemat penggunaan data.

7. Menginstal aplikasi ke memori eksternal secara default

Jika Anda pengguna smartphone Android Nougat, maka Anda bisa mengatur agar seluruh aplikasi yang diunduh untuk diinstal ke memori eksternal perangkat. Pengaturan ini terdapat di dalam opsi pengembang yang bisa diaktifkan dengan menggeser menu Force Allow apps on external ke arah kanan. Sementara untuk perangkat dengan Android Marshmallow, pilihan tersebut akan muncul setiap kali Anda memasukkan kartu microSD ke dalam slot perangkat. Sedangkan untuk pengaturan instalasi aplikasi ke memori eksternal juga dapat Anda lakukan kemudian pada setting USB and storage.

8. Mengetahui aplikasi yang gagal merespon di latar belakang

Agar Anda dapat menutup aplikasi yang tidak merespon yang berjalan di latar belakang, Anda dapat mengaktifkannya dari dalam opsi pengembang. Silakan geser ke kanan tombol di samping menu Show All ANRs. Begitu ada aplikasi yang gagal merespon, maka perangkat akan memunculkan dialog yang akan memberitahu Anda mengenai langkah apa yang bisa diambil.

9. Screen Pinning

a. Silakan masuk ke pengaturan keamanan perangkat dan geser tombol ke kanan di samping screen pinning.

b. Selanjutnya aktifkan lock device when unpinning dengan menggeser tombol ke arah kanan. Anda dapat memilih metode pembukaan kunci layar apakah akan menggunakan sidik jari+pola, sidik jari+PIN, sidik jari+kata sandi atau tanpa sidik jari.

c. Begitu Anda menyelesaikan pengaturannya, maka Anda lanjutkan dengan memilih tombol recent app dan pilih aplikasi mana yang ingin Anda sematkan. Tahan dan gulirkan ke atas aplikasi yang Anda pilih hingga Anda melihat ikon menyerupai pin.

d. Begitu pin tersebut Anda sentuh, maka Anda akan melihat pesan “Screen is Pinned” . Dengan menyematkan aplikasi ke layar, pengguna tidak akan dapat beralih ke aplikasi lain kecuali setelah memasukkan kata sandi/pola/sidik jari yang telah dibuat sebelumnya. Fitur screen pinning ini sangat bermanfaat saat Anda ingin menunjukkan misalkan status Facebook kepada orang lain, namun tidak ingin orang tersebut melihat foto dalam perangkat Anda.

Nah, mungkin itu saja yang bisa di bagikan kepada anda. Mungkin dapat membantu anda dalam mengoperasikan Android anda dengan baik. Semoga Bermanfaat

Fitur Android Yang Jarang Di Pakai Pengguna
| Putra Pak Asep